Manfaat Musik Untuk Perkembangan Anak Anda

Musik adalah bahasa universal yang dapat menyatukan segala perbedaan di seluruh dunia. Para ahli sepakat bahwa musik berpengaruh positif untuk perkembangan si Kecil. Memperdengarkan musik atau suara lain yang menyenangkan sejak bayi masih dalam kandungan ternyata bisa menstimulasi sistem pendengaran mereka, mempermudah pertumbuhan berat badan, serta memberikan efek yang menenangkan kepada buah hati.

MANFAAT MUSIK BAGI PERKEMBANGAN ANAK

Musik berpengaruh dalam pertumbuhan si Kecil dan ikatan batin dalam keluarga, selain itu musik juga memiliki manfaat luar biasa lainnya, berikut ini mari kita simak satu per satu:

  1. Meningkatkan kecerdasan emosional dan intelegensi, anak yang terbiasa mendengarkan musik akan berkembang kecerdasan emosi (EQ) dan kecerdasan intelegensi (IQ) dibandingkan dengan anak yang jarang mendengarkan musik.
  2. Menenangkan otak dan meningkatkan fungsi motorik. Musik bersifat menenangkan dan memicu emosi positif berupa rasa rileks dan senang. Emosi positif inilah yang dapat mempengaruhi pematangan perkembangan otak untuk meningkatkan fungsi berpikir dan mengoptimalkan fungsi motorik anak.
  3. Mengembangkan kemampuan empati dan punya rasa peduli pada orang lain, musik juga mampu meningkatkan kecerdasan emosi termasuk mengembangkan kemampuan sosial si kecil.
  4. Meningkatkan kreativitas anak, saat mendengarkan musik, si kecil akan turut bernyanyi atau menari. Hal ini akan mengembangkan daya imajinasi dan kreativitasnya.

STIMULASI YANG BISA IBU BERIKAN ATAU MAINKAN BERSAMA SI KECIL

Banyak cara yang bisa ibu lakukan atau mainkan untuk menstimulasi kemampuan anak bermain musik di rumah. Yuk, kita simak cara berikut ini, Bu:

  1. Mainkan instrumen musik, ada banyak instrumen musik yang bisa dipilih seperti drum, gitar, piano, biola, seruling, dan sebagainya.
  2. Putarkan lagu anak-anak, tidak hanya di sekolah, di rumah pun anak juga perlu diperdengarkan lagu anak-anak sesuai usianya.
  3. Ajak menari dan bernyanyi bersama, ikutlah menari atau bernyanyi bersama sewaktu si kecil bermain bersama teman-teman kecilnya.
  4. Aneka permainan anak dengan lagu dan tarian, pilih permainan dengan lagu yang sederhana dan gampang diingat. Contohnya: cublak-cublak suweng,  sapu tangan, dan lain-lain.

Contoh Musik yang dapat menstimulasi gerakan anak-anak anda :

Sering bermain atau memutar musik di rumah agar buah hati terbiasa mendengarkan lagu/musik yang mendukung pertumbuhannya. Let’s play the music…

sumber : https://goo.gl/CUiPn9

No Comments

Enroll Your Words

To Top